30.6.07

Tuhan Telah Menghapus Dosa Kita Bagaimana Seharusnya Kita Terhadap Saudara Kita yang Bersalah?

Matius 18:32
Raja itu menyuruh memanggil orang itu dan berkata kepadanya: Hai hamba yang jahat, seluruh hutangmu telah kuhapuskan karena engkau memohonkannya kepadaku


Jumlah sebesar ini (sepuluh ribu telenta dalam ayat 24) menunjukkan bahwa tidak mungkin orang yang berhutang itu melunasi hutangnya. Ini mengacu kepada hutang dosa kita yang begitu besar terhadap Tuhan, yang menumpuk setelah kita beroleh selamat.
Namun Tuhan penuh belas kasihan, Ia membebaskan dan menghapus hutang kita. Ini mengacu kepada pengampunan hutang kita, yang kita alami setelah kita beroleh selamat dan menjadi hamba Tuhan.Seratus dinar dalam ayat 28 adalah Lebih kecil daripada satu per sepuluh ribu dari sepuluh ribu talenta. Ini mengacu kepada dosa yang dilakukan seorang saudara terhadap kita setelah kita beroleh selamat dan menjadi hamba Tuhan.
Perbuatan kita yang tidak mengampuni saudara yang berdosa terhadap kita akan memilukan saudara lain, dan mereka mungkin membawa perkara itu kepada Tuhan. Menyerahkan dalam ayat 34 mengacu kepada penanggulangan Tuhan atas kaum beriman-Nya pada kedatangan-Nya kembali. Jika kita tidak mengampuni saudara yang berdosa terhadap kita, kita akan didisiplinkan oleh Tuhan sampai kita mengampuni dia dari dalam hati kita, yaitu sampai kita membayar semua hutang kita. Kemudian Tuhan akan mengampuni kita. Inilah pengampunan dalam kerajaan. Ini menyiratkan bahwa jika kita tidak mengampuni saudara dari dalam hati kita hari ini, kita tidak akan diizinkan masuk ke dalam kerajaan pada zaman yang akan datang. Lihat cat. 322 dalam ps. 12.

No comments: