15.6.07

Apakah Makna dari Penyakit Kusta Dalam Alkitab?

Matius 8:2 Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."


Orang golongan pertama yang diselamatkan oleh Juruselamat rajani untuk menjadi umat kerajaan diwakili oleh orang kusta. Menurut contoh dalam Alkitab, kusta adalah akibat dari pemberontakan dan ketidaktaatan. Miriam terkena kusta karena dia memberontak terhadap wakil kekuasaan Allah (Bil. 12:1-10). Kusta Naaman dibersihkan karena ketidaktaatannya (2Raj. 5:1, 9-14).
Semua manusia yang jatuh telah menjadi kusta di pandangan Allah karena pemberontakan mereka dan membersihkan, mentahirkan mereka dari kusta agar mereka bisa menjadi umat kerajaan.
Orang kusta itu menyembah Raja baru dan menyebut-Nya, "Tuan", mengakui bahwa Dia adalah Tuhan Allah. Sebenarnya, Raja baru itu adalah Yehova Juruselamat – Yesus. Lihat cat. 211 dalam ps. 1.

Menurut hukum Taurat, orang kusta harus dikucilkan dari orang-orang lain, karena kenajisannya. Tidak seorang pun yang diizinkan menyentuhnya (Im. 13:45-46). Namun, Raja baru, sebagai seorang manusia dan sebagai Juruselamat rajani, menyentuh orang kusta itu. Benar-benar penuh rahmat dan simpati! Dengan sentuhan-Nya satu kali saja, penyakit kusta orang itu segera menjadi tahir. Pembersihan yang sungguh ajaib!

No comments: