15.6.07

Apa Yang Dimaksud Dengan Rumah, Danau dan Perahu ?

Martius 13:1- 2 Pada hari itu keluarlah Yesus dari rumah itu dan duduk di tepi danau. Maka datanglah orang banyak berbondong-bondong lalu mengerumuni Dia, sehingga Ia naik ke perahu dan duduk di situ, sedangkan orang banyak semuanya berdiri di pantai.



Pada akhir ps. 12, Raja surgawi yang telah ditolak sepenuhnya oleh para pemimpin agama Yahudi, memutuskan hubungan dengan mereka. Pada hari itu, Dia keluar dari rumah itu dan duduk di tepi laut.
Ini sangat bermakna. Rumah melambangkan rumah Israel (10:6), dan laut melambangkan dunia orang bukan Yahudi (Dan. 7:3, 17; Why. 17:15). Raja keluar dari rumah untuk duduk di tepi laut.
Hal ini menyatakan, setelah Dia memutuskan hubungan dengan orang Yahudi, Dia meninggalkan rumah Israel dan berpaling kepada orang bukan Yahudi.
Setelah ini, di pantai Dia menyampaikan perumpamaan-perumpamaan mengenai rahasia kerajaan. Ini menyatakan bahwa rahasia kerajaan diwahyukan dalam gereja.
Jadi, semua perumpamaan dalam pasal ini disampaikan kepada murid-murid-Nya, bukan kepada orang Yahudi.

Perahu, yang ada di laut tetapi bukan milik laut, melambangkan gereja, yang ada di dunia tetapi bukan milik dunia.
Setelah meninggalkan orang Yahudi dan berpaling kepada orang bukan Yahudi, Raja Kerajaan Surga mewahyukan rahasia kerajaan dalam perumpamaan, di dalam perahu, di dalam gereja.

No comments: