15.6.07

Mengapa Menghujat Roh Kudus disebut Sebagai Dosa Yang Tidak Akan Diampuni?

Matius 12:31 Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni




Menghujat Roh berbeda dengan menghina Roh (Ibr. 10:29). Menghina Roh adalah tidak menaati Dia dengan sepenuh hati. Banyak orang beriman melakukan hal ini. Jika mereka mengakui dosa ini, mereka akan diampuni dan dicuci oleh darah Tuhan (1Yoh. 1:7,9).
Tetapi menghujat Roh adalah menghujat seperti yang dilakukan oleh orang Farisi dalam ay. 24. Tuhan mengusir setan dengan Roh. Tetapi orang Farisi yang melihatnya, mengatakan bahwa Tuhan mengusir setan dengan Beelzebul, pemimpin setan. Ini adalah hujat terhadap Roh.
Dengan hujat semacam itu, penolakan orang Farisi terhadap Raja surgawinya mencapai puncaknya.
Dalam ekonomi Allah Tritunggal, Bapa memiliki rencana penebusan (Ef. 1:5, 9), Anak merampungkannya berdasarkan rencana Allah (1Ptr. 2:24; Gal. 1:4), dan Roh menjangkau orang dosa untuk menerapkan penebusan yang dirampungkan oleh Anak (1Kor. 6:11; 1Ptr. 1:2).
Jika seorang dosa menghujat Anak seperti yang dilakukan oleh Saulus dari Tarsus, Roh masih memiliki tumpuan untuk bekerja di atas dirinya dan membuatnya bertobat dan percaya kepada Anak agar dia dapat diampuni (lihat 1Tim. 1:13-16).
Tetapi jika orang dosa menghujat Roh, Roh tidak memiliki tumpuan untuk bekerja di atas dirinya, dan tidak akan ada orang yang akan membuatnya bertobat dan dipercaya.
Jadi, orang semacam itu tidak mungkin diampuni. Ini bukan hanya logis menurut alasan, tetapi juga bersifat kepemerintahan berdasarkan prinsip administrasi Allah, seperti yang diwahyukan di sini oleh firman Tuhan.

No comments: