15.6.07

Kristus Adalah Anggur Yang Baru Apakah Maksudnya? Mengapa Tidak Dituang Pada Kantong Yang Tua

Matius 9:17 Begitu pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang dan kantong itu pun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya.



Anggur yang baru di sini melambangkan Kristus sebagai hayat baru, penuh dengan semangat, merangsang orang sehingga bergairah.
Juruselamat rajani bukan hanya Mempelai Laki-laki bagi umat kerajaan untuk kenikmatan mereka, melainkan juga menjadi pakaian baru mereka untuk memperlengkapi mereka secara luaran, agar mereka bisa memenuhi syarat untuk menghadiri pernikahan.
Selanjutnya, Dia adalah hayat baru mereka untuk merangsang mereka dalam batin guna menikmati Dia sebagai Mempelai Laki-laki mereka.
Sebagai Raja surgawi, Dia adalah Mempelai Laki-laki untuk kenimatan umat kerajaan, dan kerajaan surgawi-Nya adalah pesta pernikahan-Nya (22:2). Saat itu mereka akan menikmati Dia.
Untuk menikmati Dia sebagai Mempelai Laki-laki dalam pesta kerajaan, mereka memerlukan Dia sebagai pakaian baru mereka secara luaran dan anggur baru mereka secara batiniah.
Kantong kulit yang tua melambangkan praktek agamawi, seperti berpuasa yang dilakukan dan dipertahankan oleh orang Farisi yang berasal dari agama yang usang, dan oleh murid-murid Yohanes yang berasal dari agama yang baru.
Semua agama adalah kantong kulit yang tua.
Anggur baru yang ditaruh di dalam kantong kulit yang tua akan mengoyakkan kantong kulit itu dengan kekuatan peragiannya.
Menaruh anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua berarti menaruh Kristus sebagai hayat yang menggairahkan ke dalam agama.
Inilah yang dipraktekkan oleh beberapa kelompok kekristenan hari ini. Mereka berusaha memasukkan Kristus ke dalam berbagai upacara, formalitas, dan praktek agamawi mereka. Umat kerajaan tidak seharusnya melakukan hal ini. Mereka harus menaruh anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang baru.

No comments: