30.6.07

Apakah dengan Menuruti Seluruh Perintah Hukum Taurat, Kita Telah Sempurna?

Matius 19:20-21 Kata orang muda itu kepada-Nya: "Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?" Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku.


Menuruti segala perintah Allah dalam ayat 17, bukan syarat untuk beroleh selamat, melainkan berhubungan dengan memasuki Kerajaan Surga. Menurut konstitusi Kerajaan Surga, masuk ke dalam Kerajaan Surga menuntut kita bukan hanya memenuhi standar hukum lama, tetapi juga standar hukum baru pelengkap yang diberikan oleh Raja (5:17-48).
Keselamatan hanya menuntut kiita beriman, sedangkan Kerajaan Surga menuntut kebenaran yang melampaui (unggul) hasil dari pemeliharaan hukum lama dan hukum pelengkap yang diberikan oleh Raja surgawi.
Meskipun orang muda itu telah menuruti perintah-perintah hukum yang lama, seperti anggapannya sendiri, dia masih belum sempurna, tidak memenuhi standar syarat hukum baru yang melengkapi, karena dia tidak rela menjual miliknya dan menyimpan harta di surga, seperti yang dituntut oleh konstitusi kerajaan (6:19-21).
Mengikuti Tuhan adalah mengasihi Dia lebih daripada segala sesuatu (10:37-38). Ini adalah syarat tertinggi untuk masuk ke dalam Kerajaan Surga.

No comments: