15.6.07

Apakah Tindakan Raja Setelah Dia di Tolak?

Matius 14:10, Disuruhnya memenggal kepala Yohanes di penjara
Matius 14:13 Setelah Yesus mendengar berita itu menyingkirlah Ia dari situ, dan hendak mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi. Tetapi orang banyak mendengarnya dan mengikuti Dia dengan mengambil jalan darat dari kota-kota mereka



Dalam 12:24, pemimpin agama Yahudi mewakili seluruh bangsa Yahudi, menolak Raja surgawi sampai puncaknya. Hal itu memaksa-Nya meninggalkan hubungan alamiah-Nya dengan mereka (12:46-50).
Kemudian dalam 13:53-58 Dia ditolak juga oleh orang-orang Galilea. Kini dalam ps. 14, dalam penyusunan peristiwa berdasarkan doktrin, Matius menyingkapkan kepada kita, betapa kaum politisi bukan Yahudi memperlakukan perintis Raja. Benar-benar jahat dan penuh dengan kebusukan dan kegelapan.
Sampai butir ini, Matius telah memberikan gambaran yang penuh tentang penolakan orang-orang Yahudi, orang-orang Galilea, dan orang-orang bukan Yahudi, terhadap ministri Kerajaan Surga.
Karena ditolak oleh orang-orang dalam kalangan agama, budaya, dan polotik, Raja surgawi meninggalkan mereka dan menyingkir ke tempat yang sunyi.
Ini menunjukkan bahwa mulai saat itu Dia akan menyembunyikan diri di tempat yang sunyi, tempat yang tanpa kebudayaan, jauh dari kalanan agama, budaya, dan politik. Dia melakukan hal ini dengan memakai perahu, menyiratkan bahwa Dia akan melakukan hal ini melalui gereja.
Karena Dia telah ditolak oleh dunia yang beradab, Tuhan, melalui gereja, selalu menyembunyikan diri dalam satu suasana yang tidak berbudaya, jauh dari kalangan agama dan politik.

No comments: