8.6.07

Baptisan Bukan Hanya Suatu Ritual, tetapi Memiliki Makna yang Kaya. Apa Makna Baptisan?

Matius 3:6 Lalu sambil mengaku dosanya mereka dibaptis oleh Yohanes di sungai Yordan.



Membaptis orang adalah mencelup mereka, mengubur mereka dalam air, yang melambangkan kematian.
Yohanes Pembaptis melakukan hal ini untuk menunjukkan bahwa orang yang bertobat tidak ada gunanya lagi selain untuk dikuburkan. Selanjutnya, hal ini melambangkan bahwa persona yang usang telah diakhiri sehingga suatu permulaan baru dapat direalisasikan dalam kebangkitan, dapat didatangkan oleh Kristus sebagai Pemberi-hayat.
Karena itu setelah ministri Yohanes, Kristus datang. Baptisan Yohanes bukan hanya mengakhiri orang yang bertobat, tetapi juga mengantar mereka kepada Kristus untuk mendapatkan hayat. Dalam Alkitab, baptisan menyiratkan kematian dan kebangkitan. Dibaptis ke dalam air berarti dimasukkan ke dalam kematian dan dikubur. Keluar dari air berarti dibangkitkan dari kematian.
Sungai Yordan adalah sungai tempat penguburan dua belas batu yang melambangkan kedua belas suku Israel. Dari sungai itu juga diangkat atau dibangkitkan dua belas batu lain, yang juga melambangkan kedua belas suku Israel (Yos. 4:1-18). Maka, membaptis orang di Sungai Yordan menyiratkan penguburan orang lama dan kebangkitan orang baru. Sebagaimana menyeberangi Sungai Yordan mengantar orang Israel ke tanah permai, demikian pula baptisan membawa orang masuk ke dalam Kristus, realitas tanah permai.

No comments: