15.6.07

Siapakah Pedagang Yang Mencari Mutiara? Apakah Maksud dari Mutiara?

Matius 13:45- 46 Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, ia pun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu.





Pedagang yang dimaksud di sini juga adalah Kristus, yang mencari gereja untuk kerajaan-Nya. Setelah menemukannya dalam 16:18 dan 18:17, Dia pergi kepada salib dan menjual semua milik-Nya dan membeli gereja untuk kerajaan-Nya.

Mutiara yang dihasilkan dalam air kematian (dunia yangdipenuhi oleh kematian) oleh tiram yang hidup (Kristus yang hidup), yang dilukai oleh pasir kecil (orang dosa), dan mengeluarkan getah hayatnya membungkus pasir yang melukai dirinya (kaum beriman – lihat cat. 211 dalam Why. 21), adalah bahan untuk membangun Yerusalem Baru.
Karena mutiara dihasilkan dari laut, yang melambangkan dunia yang dirusak oleh Iblis (Yes. 57:20; Why. 17:15), mutiara ini pasti mengacu kepada gereja, yang terutama tersusun dari kaum beriman yang dilahirkan kembali dari dunia orang bukan Yahudi dan sangat berharga.

No comments: