30.6.07

Dua atau Tiga Orang disini Mengacu Kepada Gereja atau Kepada Salah Satu Cara Bersidang Gereja Lokal (satu kota satu gereja)

Matius 18:20
Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.



Dua atau tiga orang ini adalah dua atau tiga orang dalam ay. 16. Mereka berkumpul bersama dalam nama Tuhan, tetapi mereka bukan gereja; karena ay. 17 mengatakan, bahwa jika ada persoalan, mereka perlu memberitahukannya kepada gereja.
Perkumpulan atau sidang kaum beriman diprakarsai oleh Tuhan, yang memanggil kaum beriman keluar dari segala manusia, perkara, dan benda yang menduduki diri mereka dan mengumpulkan mereka bersama dalam nama-Nya untuk menikmati kekayaan hadir-Nya.
Berkumpulnya beberapa orang itu, yaitu dua atau tiga orang, menyiratkan salah satu cara gereja bersidang secara lokal. Sidang yang terdiri dari beberapa orang itu pasti diadakan di rumah-rumah kaum beriman, seperti yang disebutkan dalam Kis. 2:46 dan 5:42, untuk berdoa (ay. 19; Kis. 12:5, 12), bersekutu, memecahkan roti, mengajar, atau memberitakan Injil (Kis. 2:42, 5:42).
Kebanyakan sidang semacam itu diadakan di beberapa tempat sekaligus dalam satu lokal, tetapi semuanya tetap merupakan gereja yang unik di lokal itu (ay. 17). Kalau tidak, sidang-sidang itu bukan sidang yang berbeda tempat, melainkan perpecahan, dan menjadi sekte (Gal. 5:20).

No comments: