25.5.07

Yusuf Anak Yakub ataukah Anak Eli?

Dalam Matius dikatakan Yakub Mempunyai Anak Yusuf, Sedangkan dalam Lukas dikatakan Yusuf Anak Eli. Bagaimanakah dapat terjadi demikian?



Matius 1:16 Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus
Lukas 3:23 Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli



Di sini, silsilah ini mengatakan, “Yakub mempunyai anak, Yusuf,” tetapi Luk. 3:23 mengatakan, “Yusuf, anak Eli.” Catatan Lukas adalah “menurut hukum Taurat” (terjemahan harfiah dari “menurut anggapan orang” dalam Luk. 3:23), menunjukkan bahwa Yusuf sebenarnya bukan anak Eli, melainkan dianggap sebagai anak Eli, berdasarkan hukum. Yusuf adalah menantu Eli, ayah Maria. Mungkin ini seperti kasus dalam Bil. 27:1-8 dan 36:1-12, yang di dalamnya tercantum peraturan Allah, jika ada orang tua yang hanya memeiliki anak perempuan, sebagai ahli warisnya, warisan itu akan jatuh ke tangan anak perempuan itu, yang kemudian harus menikah dengan laki-laki dari suku yang sama, demi menjaga warisan mereka tetap pada suku itu. Peraturan ini pun berkaitan dengan silsilah Kristus, menunjukkan bahwa seluruh Alkitab adalah catatan tentang Kristus.

No comments: