25.5.07

Setiap Silsilah Selalu Menyebutkan Orang tua (Laki-laki)tetapi Yesus Disebut Dilahirkan dari Maria (Perempuan) Kenapa Demikian?

Setiap Silsilah Selalu Menyebutkan Orang tua (Laki-laki) mempunyai Anak (Laki-laki), tetapi Yesus Disebut Dilahirkan dari Maria (Perempuan) Kenapa Demikian?

Matius 1:16 Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus

Pada butir ini catatan silsilah ini tidak mengatakan, “Yusuf mempunyai anak, Yesus,” yang sama dengan yang dikatakan tentang semua orang yang disebutkan terdahulu; silsilah ini mengatakan, “Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus.” Yesus dilahirkan dari Maria, bukan dari Yusuf, karena sudah dinubuatkan bahwa Kristus akan menjadi keturunan perempuan dan akan dilahirkan dari seorang anak dara (Kej. 3:15; Yes. 7:14).
Kristus tidak mungkin dilahirkan dari Yusuf, karena Yusuf adalah laki-laki dan keturunan Yekhonya. Tidak ada satu pun keturunan Yekhonya yang dapat mewarisi takhta Daud (Yer. 22:28-30). Namun, Maria adalah perawan dan keturunan Daud (Luk. 1:27, 31-32); sebagai orang yang demikian, dia adalah orang yang tepat yang melaluinya Kristus lahir. Pernikahan Yusuf dan Maria membawa Yusuf ke dalam hubungan dengan Kristus dan menyatukan dua garis silsilah Kristus untuk mendatangkan Kristus, seperti terlihat pada bagan. (Lihat bagan tentang Silsilah Yesus Kristus Dalam Alkitab dengan Catatan Kaki Versi Pemulihan).

Bagan ini menunjukkan bahwa silsilah Yesus Kristus dimulai dari Allah dan berlanjut sampai Yesus. Silsilah ini mulai dari Allah sampai Adam, dari Adam ke Abraham, dari Abraham melalui Ishak dan Yakub, dan terus ke Daud. Setelah Daud, silsilah ini terpecah menjadi dua garis. Garis pertama dimulai dari Natan dan berkahir pada Maria, dan garis kedua dimulai dari Salomo sampai Yusuf. Akhirnya, kedua garis ini menyatu karena pernikahan Maria dengan Yusuf, untuk mendatangkan Kristus.
Dalam keadaan seperti ini, tampaknya Kristus adalah keturunan Yekhonya, yang kelihatannya berada dalam garis keluarga bangsawan; sebenarnya Dia bukanlah keturunan Yekhonya, nenek moyang Yusuf, melainkan keturunan Daud, nenek moyang Maria, jadi Dia dapat memenuhi syarat untuk mewarisi takhta Daud.

No comments: