11.5.07

29. Ajaran Bileam, Nikolaus, dan Izebel

29. Bileam, Nikolaus, dan Izebel


Wahyu 2 menyebutkan doktrin Bileam, doktrin Nikolaus, ajaran Izebel, dan seluk-beluk Iblis (Why. 2:14, 15, 20, 24).
Gereja-gereja sebermula telah tertipu oleh ajaran-ajaran itu dan meninggalkan hal makan Tuhan dan pesta bersama Tuhan. Karena itu, untuk memulihkan gereja-gereja berpaling dan menikmati diri-Nya, Tuhan berjanji kepada gereja-gereja bahwa kalau mereka meninggalkan ajaran semacam itu, Ia akan memberikan diri-Nya kepada mereka untuk dimakan.
Dalam wahyu 2:7 Tuhan berjanji memberi mereka makan dari pohon hayat. Dalam Wahyu 2:17 Ia herjanji memberi mereka manna yang tersembunyi. Dalam ayat 2 ini kita melihat pohon yang ada di dalam Taman Eden dan manna yang ada di padang gurun, yang kedua-duanya justru adalah Kristus sendiri.
Tuhan tidak mengajarkan bahwa Ia akan memberi mereka ajaran-ajaran atau menawarkan suatu doktrin yang super. Bileam dan Nikolaus mempunyai doktrin-doktrin mereka sendiri, Izebel mempunyai ajarannya, dan Iblis mempunyai seluk-beluknya, Tuhan Yesus mempunyai pohon hayat dan manna yang tersembunyi.
Menurut Wahyu 3:20, Tuhan berjanji kepada setiap orang yang membuka pintu bagi-Nya saat Ia mengetuk, bahwa orang itu akan makan bersama-sama dengan Tuhan. Apakah artinya makan pohon hayat, mengambil bagian atas manna yang tersemhunyi, dan berpesta bersama-sama dengan Tuhan Yesus? Ini berarti kita terus menikmati Tuhan di atas garis hayat.
Jika di tengah-tengah kekacauan dan perpecahan, kita mengikuti ajaran-ajaran, niscaya kita akan terbunuh. Tetapi bila kita memperhatikan menikmati Tuhan, yaitu berada pada garis hayat, kita akan menerima hayat dan menjadi hidup. (PH. Kej)

No comments: