11.5.07

2. Nimrod

2. Nimrod


Nimrod adalah seorang pemburu yang gagah perkasa di hadapan Tuhan (Kej. 10:8-11). Dialah orang yang berkuasa di bumi, orang yang mutlak merdeka terhadap Allah. Ia membangun kerajaan untuk dirinya sendiri, dan Babel itulah permulaan kerajaannya. Banyak orang Kristen mengetahui tentang manusia membuat menara dan kota Babel, namun sedikit sekali mengetahui bahwa kerajaan Babel didirikan oleh Nimrod.
Dalam sejarah manusia, kerajaan pertama mungkin adalah kerajaan Babel yang didirikan oleh Nimrod, yang juga pendiri kota besar Niniwe di Asyur. Bangunannya menandakan bahwa manusia sepenuhnya merdeka terhadap Allah.
Berkebalikan dengan itu, Abraham tidak mendirikan menara apa pun kecuali mezbah kecil. Ia tinggal di kemah. Demikian juga Nuh tidak mendirikan apa pun selain sebuah bahtera dan mezbah.
Orang yang bersandar kepada Tuhan tidak mengerjakan banyak aktivitas pembangunan. Makin kita menaruh keyakinan kepada Allah, akan makin sedikit kita mempunyai bangunan merdeka. Hanya pekerja-pekerja raksasa yang tidak bersandar kepada Allah, yang mau membangun menara-menara tinggi mereka. (PH. Kej)

No comments: