17.4.08

Manakah yang Lebih Penting? Harta atau bejana

Ada bejana tanpa isi, bejana tak ada guna. Ada harta tak ada tempat, harta tak ternyata. Jadi manakah yang lebih penting? Harta atau Bejana. Kedua-duanya sama penting ketika Harta sudah didalam bejana.
Saya sampaikan ini, karena banyak orang salah mengerti tentang seorang yang rohani. Mereka menganggap seorang rohani adalah seorang yang hidup di surga dan suci sehingga tidak ada orang lain lagi. Atau menganggap bahwa orang lain tidak serohani dirinya sehingga ia terus berusaha memisahkan diri dari orang yang disekitarnya. Atau bahkan tidak memperhatikan orang yang didekatnya karena ia hidup bagi Tuhan. Ini salah.
Satu ayat yang seri ng salah penerapan adalah Luk 14:26 yang mengatakan "Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku. Banyak orang atas nama pelayanan , orang meninggalkan keluarhganya, tidak memperdulikan keluarganya, ini bukan berasal dari mengasihi Tuhan melainkan dari kekejamannya sendiri. Kejadian ini sangat umum tetapi tidak diperkenan oleh Allah.
Lihatlah pada diri Tuhan Yesus, Dia sangat seimbang, sangat normal. Ingatlah ketika terakhir kali dia hidup di bumi diatas salib dia mengatakan beberapa perkataan dan salah satunya adalah inilah ibumu, dan inilah anakmu. Dia berkata demikian kepada Yohanes yang menunjukan betapa Tuhan memperhatikan orang yang dekat dengan Dia.
Jadi apa maksudnya perkataan dalam Lukas diatas? Maksudnya adalah membeci keinginan mereka termasuk membeci keinginan diri sendiri, tetapi tidak membenci personanya.
Karena itu tujuan Allah menciptakan manusia seperti dalam kejadian 1: 26, adalah manusia menyatakan, menampilkan Allah dan berkuasa bagi Allah. Ini berarti melalui bejana ini Allah dinyatakan, diwujudkan, ditampilakan dan melalui bejana ini Allah diwakili.
Saudara, karena itu kita perlu dengan baik-baik memelihara roh, jiwa dan tubuh ini. Dan Tuhanpun melakukan ini bagi kita 1Th 5:23 mengatakan “Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

No comments: