17.4.08

Bagaimana Memelihara Harta

Harta ini, bukanlah emas batangan, atau uang atau apapun yang sifatnya sementara. Tetapi harta ini adalah Allah Tritunggal yaitu Yesus Kristus sebagai Roh itu yang ada dalam bejana.
Sama seperti tubuh ini perlu dipelihara dengan diberi makan, yang sehat, bergizi, istirahat, dan beraktivitas yang normal, maka tubuh ini akan sehat, demikian juga dengan Harta ini.
Harta ini adalah seorang pribadi yang hidup, bahkan seorang yang berkuasa dan penuh dengan kekuatan. Mari kita melihat pengalaman Paulus tergadap Harta ini didalam kehidupannya. Saya sampaikan ini, karena dalam penghidupan kita juga banyak hal yang menyulitkan, namun dalam kehidupan Paulus nyata betapa luar biasanya kekuatan Harta ini.
2 Korintus 4: 7-10 Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami. Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa. Kami senantiasa membawa kematian Yesus di dalam tubuh kami, supaya kehidupan Yesus juga menjadi nyata di dalam tubuh kami.
Juga didalam 2 Korintus 6 :4-10 yaitu: dalam menahan dengan penuh kesabaran dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran, dalam menanggung dera, dalam penjara dan kerusuhan, dalam berjerih payah, dalam berjaga-jaga dan berpuasa; dalam kemurnian hati, pengetahuan, kesabaran, dan kemurahan hati; dalam Roh Kudus dan kasih yang tidak munafik; dalam pemberitaan kebenaran dan kekuasaan Allah; dengan menggunakan senjata-senjata keadilan untuk menyerang ataupun untuk membela, ketika dihormati dan ketika dihina; ketika diumpat atau ketika dipuji; ketika dianggap sebagai penipu, namun dipercayai, sebagai orang yang tidak dikenal, namun terkenal; sebagai orang yang nyaris mati, dan sungguh kami hidup; sebagai orang yang dihajar, namun tidak mati; sebagai orang berdukacita, namun senantiasa bersukacita; sebagai orang miskin, namun memperkaya banyak orang; sebagai orang tak bermilik, sekalipun kami memiliki segala sesuatu.
Rindukah kita mengalami? Harta ini bukan hanya dikususkan untuk Paulus atau Para Rasul tetapi Harta ini telah ada di dalam kita. Bagaimana caranya “supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kita.”.
Saudara Yohanes 6 ayat 57 mengatakan “ Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku. “ jadi jalan satu satunya untukdapat hidup oleh Dia adalah memakan Dia atau dengan kata lain supaya Dia yang penuh Kuasa itu nyata/diperhidupkan adalah melalui makan Dia.
Bagaimana makan Dia? Dia dimana sekarang?
Tuhan Berkata dalam Joh 6:55 Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman. Tetapi selanjutnya dalam ayat 63 Ia berkata: Joh 6:63 Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup. Pada mulanya Dia bicara mengenai Daging dan Darah tetapi dalam ayat ini Dia beralih kepada Roh dan perkataannya yaitu firmanNya adalah Roh dan Hayat. Ini menunjukan makan Dia adalah makan FirmanNya dengan roh kita bukan dengan mulut atau dengan pikiran.
Inilah Jalan Memelihara Harta dalam Bejana!

No comments: