21.4.08

Allah Menggenapkan KehendakNya dan memenuhi Keperluan Manusia

Suatu waktu Yakub, ketika diperjalanan menuju Padan – Aram, dalam keadaan menderita karena perjalanan yang jauh, lari karena ketakutan akan dibunuh, tidak ada makanan dan minuman, tidak ada tempat berteduh, yang ada hanya batu yang dijadikan bantal. waktu yang sangat sulit dan berat dialami Yakub, jauh berbeda sewaktu masih tinggal dengan orang tuanya, ada perteduhan yang hangat, ada perlindungan yang aman, juga ada makanan yang enak terlebih ada ibu yang mengasihi. Kini diperjalanan semuanya tidak ada, siang hari menakutkan terlebih lagi dimalam hari dan suatu malam yakub bermimipi suatu mimpi yang “Alangkah dahsyatnya”.
Mimpi ini membuat Yakub bersumpah, bersumpah kepada Allah yang mengaku “Allah Abraham, neneknya, dan Allah Ishak “ bahwa jika Allah akan menyertai dan akan melindunginya dijalan yang ditempuhnya, memberikan kepadanya roti untuk dimakan dan pakaian untuk dipakai, sehingga ia selamat kerumah ayahnya, maka TUHAN akan menjadi Allahnya”.
Pada Abraham Allah yang bersumpah dan berjanji kepada Abraham tetapi kini Yakub yang bersumpah. Oh ini luar biasa, sumpah Yakub sesungguhnya adalah suatu perjanjian antara Allah dan dirinya.
Pada pihak Allah, Allah harus memenuhi keinginan Yakub dan pada pihak Yakub, Yakub harus memenuhi keinginan Allah. Allah harus menyertai dan akan melindunginya dijalan yang ditempuhnya, memberikan kepadanya roti untuk dimakan dan pakaian untuk dipakai, sehingga ia selamat kerumah ayahnya. Pada diri Yakub , Yakub harus membangun rumah Allah.
Jadi dari perjanjian antara Yakub dan Allah, menampakan kepada kita bahwa Allah akan memelihara kita kalau kita untuk kepentinganNya
Karena itu, kita harus hidup bagi Allah, maka Allah akan memberkati kita, berkat Allah yang pertama adalah Berkat Hayat ini adalah untuk kehendakNya, kemudian yang kedua adalah berkat Perteduhan yang berarti, ada damai sejahtera, ketentraman, sukacita dan kedamaian ini bersifat batini dan yang ketiga adalah penggembalaan yang berarti ada penjagaan, penyertaan dan kecukupan. Semoga kalian menikmati Allah sebagai pemberi berkat kehidupan dan penggembalaanNya.

No comments: