14.7.07

Kedatangan Kristus Yang Kedua memiliki Dua Aspek. Aspek Apakah itu?

Matius 24:27 Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia.


Kedatangan Kristus yang kedua mempunyai dua aspek : satu adalah aspke rahasia, tersembunyi, berhubungan dengan kaum beriman-Nya yang berjaga-jaga; yang lain adalah aspek terbuka, berhubungan dengan orang Yahudi yang tidak percaya dan orang bukan Yahudi.
Kilat di sini melambangkan aspek terbuka, yang akan terjadi setelah kesusahan besar (ay. 29-30), sedangkan kedatangan pencuri dalam ay. 43 melambangkan aspek rahasia, yang akan terjadi sebelum kesusahan besar.
Kilat bisa dianggap tersembunyi di balik awan, menunggu kesempatan untuk memancarkan sinarnya. Demikian pula, Kristus akan diselubungi awan (Why. 10:1) di angkasa sejangka waktu dan kemudian tiba-tiba nampak seperti kilat yang memancarkan sinarnya ke bumi.
Karena itu, kedatangan Tuhan pada aspek seperti kilat akan menjadi tanda kesudahan parousia Tuhan (lihat cat. 33). Ini juga menyiratkan bahwa Tuhan seperti aliran listrik.

No comments: