20.7.07

Apa Maksud Sepuluh Gadis? Dan Apa Artinya Gadis yang Mengambil Pelita?

Matius 25:1
"Pada waktu itu hal Kerajaan Sorga seumpama sepuluh gadis, yang mengambil pelitanya dan pergi menyongsong mempelai laki-laki


Sepuluh adalah bagian besar dari dua belas (Kej. 42:3-4; 1Raj. 11:30-31; Mat. 20:24). Karena itu, sepuluh gadis mewakili sebagian besar kaum beriman yang sudah mati sebelum kedatangan Tuhan. Dua orang laki-laki atau dua orang perempuan dalam 24:40-41 mewakili sisa kaum beriman yang masih hidup sampai kedatangan Tuhan.
Gadis-gadis melambangkan kaum beriman dalam aspek hayat (2Kor. 11:2). Kaum beriman, yang adalah umat kerajaan, seperti perawan yang suci. Sebagai gadis-gadis, mereka mengemban kesaksian Tuhan (pelita) dalam zaman yang gelap dan keluar dari dunia untuk menyongsong Tuhan. Untuk ini mereka tidak hanya memerlukan Roh Kudus menghuni mereka, tetapi juga memenuhi mereka. Pelita melambangkan roh kaum beriman (Ams. 20:27), yang menampung Roh Allah sebagai minyak (Rm. 8:16). Kaum beriman memancarkan terang Roh Allah dari dalam roh mereka. Jadi, mereka menjadi terang dunia dan bersinar seperti sebuah pelita dalam kegelapan zaman ini (5:14-16; Flp. 2:15-16), mengemban kesaksian Tuhan untuk memuliakan Allah.

No comments: