22.4.07

Tuhan Segera Datang.Bagaimanakah Seharusnya Sikap Kita?

Tuhan Segera Datang.
Bagaimanakah Seharusnya Sikap Kita?

Pembacaan Alkitab : 1 Tes. 5:8
Tetapi kita, yang adalah orang-orang siang, baiklah kita sadar,
berbajuzirahkan iman dan kasih, dan berketopongkan pengharapan
keselamatan

Baju zirah dan ketopong di sini mengacu kepada peperangan rohani. Baju zirah, yang menutupi dan melindungi hati dan roh kita, menurut kebenaran Allah (Ef. 6:14), berasal dari iman dan kasih; ketopong, yang menutupi dan melindungi mentalitas kita, pikiran kita, adalah pengharapan keselamatan (Ef. 6:17).
Iman, kasih, dan pengharapan adalah tiga unsur dasar penyusun hidup kristiani yang sejati, seperti yang digambarkan dalam 1:3. Iman berhubungan dengan tekad kita, bagian dari hati kita (Rm. 10:9), dan dengan hati nurani kita, bagian dari roh kita (1Tim. 1:19); kasih berhubungan dengan emosi kita, bagian lain dari hati kita (Mat. 22:37); dan pengharapan berhubungan dengan pengertian kita, fungsi pikiran kita.
Semuanya itu perlu dilindungi sehingga hidup kristiani yang sejati bisa terjaga. Hidup semacam ini adalah hidup yang berjaga-jaga dan waspada (ay. 6-7).
Pada awal surat ini, rasul memuji pekerjaan iman, usaha kasih, dan ketekunan pengharapan kaum beriman (1:3). Di sini pada penutup surat ini, dia menasihati mereka untuk mempertahankan dan melindungi kebajikan rohani itu dengan berperang bagi hal-hal itu.

No comments: