22.4.07

Apakah yang terbaik yang harus kita lakukan, jika kita berkumpul bersama?

Apakah yang terbaik yang harus kita lakukan,
jika kita berkumpul bersama?

Pembacaan Alkitab: 1 Kor. 14:26
Jadi bagaimana sekarang, saudara-saudara? Bilamana kamu berkumpul,
hendaklah tiap-tiap orang mempersembahkan sesuatu: ......, tetapi semuanya itu
harus dipergunakan untuk membangun

"Mempersembahkan". Kata ini dalam bahasa aslinya adalah memiliki. Disebut lima kali dalam ayat ini, adalah kata Yunani yang digunakan secara luas, mempunyai banyak arti, berikut ini adalah tiga arti yang terutama : (1) memegang, menduduki, menjaga (sesuatu barang); (2) memiliki (sesuatu barang) untuk kenikmatan; (3) memiliki cara atau kekuatan melakukan sesuatu. Dua arti yang pertama tentunya sesuai untuk ketiga butir pertama dari lima butir yang tercantum dalam ayat ini, dan arti yang ketiga tentunya sesuai untuk kedua butir terakhir bahasa lidah dan penafsiran bahasa lidah.
Ini menunjukkan bahwa ketika kita datang ke sidang gereja, kita harus memiliki sesuatu dari Tuhan untuk dibagikan kepada orang lain, atau ada mazmur (nyanyian) untuk memuji Tuhan; atau ada pengajaran (dari pengajar) yang melayankan kekayaan Kristus untuk menggenapkan dan merawat orang lain; atau ada wahyu (dari penutur-sabda, ay. 30) yang memberikan visi-visi kehendak kekal Allah tentang Kristus sebagai rahasia Allah dan gereja sebagai rahasia Kristus; atau ada bahasa lidah sebagai tanda bagi orang-orang yang tidak percaya (ay. 22) supaya mereka mengenal dan menerima Kristus, atau ada penerjemahan sehingga bahasa lidah mengenai Kristus dan Tubuh-Nya dapat dimengerti.
Sebelum datang ke suatu sidang, kita seharusnya sudah mempersiapkan diri kita untuk sidang itu dengan halhal dari Tuhan dan milik Tuhan, baik melalui pengalaman kita tentang Dia atau melalui kenikmatan kita atas firman-Nya dan persekutuan dengan-Nya di dalam doa. Setelah datang ke dalam sidnag itu, kita tidak perlu dan tidak seharusnya menunggu mendapatkan perasaan roh, melainkan harus menggunakan roh kita dan menggunakan pikiran kita yang telah dilatih untuk berfungsi, mempersembahkan apa yang kita telah siapkan untuk Tuhan bagi kemuliaan dan kepuasan-Nya, dan agar para hadirin mendapatkan faedah, yaitu mendapatkan penerangan, rawatan, dan pembangunan.
Demikian sidang gereja akan menjadi pameran akan kekayaan Kristus, juga menjadi kenikmatan bersama atas Kristus oleh seluruh hadirin di hadapan Allah dan bersama dengan Allah bagi pembangunan orang-orang kudus dan gereja.
Menurut penekanan dan penegasan surat ini, kelima perkara yang dicantumkan dalam ayat ini seharusnya berpusat pada Kristus sebagai inti, Allah menjadi bagian kita dan gereja sebagai sasaran Allah menjadi tujuan kita. Mazmur seharusnya merupakan pujian bagi Allah karena memberikan Kristus sebagai hikmat dan kekuatan kita untuk kehidupan kita sehari-hari dan kehidupan gereja. Pengajaran dari pengajar dan wahyu dari penutursabda seharusnya mengajar dan menyuplaikan Kristus dan gereja (yaitu Tubuh Kristus) kepada orang.
Bahasa lidah dan penerjemahannya juga seharusnya mengambil Kristus dan sebagai inti dan isi. Penekanan terhadap hal-hal lain apa pun selain Kristus dan gereja akan membawa kekacauan bagi gereja dan penyimpangan dari garis pusat ekonomi Perjanjian Baru Allah, menjadikannya seperti gereja di Korintus.

No comments: