6.2.09

KRISTUS ADALAH ADAM YANG AKHIR

Kristus bukan hanya Adam yang akhir (1 Kor. 15:45) tetapi juga manusia yang kedua (ay. 45). Adam yang pertama (ay. 45) adalah permulaan dari umat manusia; Adam yang akhir adalah akhir umat manusia.
Sebagai manusia yang pertama, Adam adalah kepala ciptaan lama, mewakili ciptaan lama dalam penciptaan. Sebagai manusia kedua, Kristus adalah Kepala ciptaan baru, mewakili ciptaan baru dalam kebangkitan.
Dalam seluruh alam semesta hanya ada dua manusia : manusia pertama, Adam, meliputi semua keturunannya; manusia kedua, Kristus, meliputi semua orang beriman-Nya.
Kita kaum beriman termasuk di dalam manusia yang pertama karena kelahiran, dan menjadi bagian dari manusia kedua melalui kelahiran kembali.
Iman kita telah memindahkan kita dari manusia pertama ke dalam manusia kedua. Dikatakan dari segi kita berbagian dengan manusia yang pertama, asal usul kita adalah tanah dan sifat hakiki kita adalah debu tanah.
Dikatakan dari segi kita berbagian dengan manusia yang kedua, asal usul kita adalah Allah dan sifat hakiki kita adalah surgawi.

No comments: