3.8.07

Manusia Berusaha Memperbaiki Diri Dengan Banyak Ajaran Tetapi bagaimana Cara Tuhan ?

Yohanes 3:2
Ia datang pada waktu malam kepada Yesus dan berkata, "Rabi, kami tahu bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya."


Nikodemus menganggap Kristus adalah guru yang datang dari Allah. Ini menunjukkan bahwa ia berpendapat dirinya memerlukan pengajaran yang lebih baik agar bisa memperbaiki diri.
Tetapi jawaban Tuhan pada ayat berikutnya menyingkapkan kepadanya bahwa keperluannya adalah dilahirkan kembali. Dilahirkan kembali berarti dilahirkan kembali oleh hayat Allah, yang berbeda dengan hayat manusia yang diperoleh melalui kelahiran alamiahnya.
Karena itu, keperluannya yang sesungguhnya bukan pengajaran yang lebih baik untuk memperbaiki diri, melainkan hayat Allah untuk menyusun ulang dirinya. Ia sedang mencari pengajaran, yang adalah milik pohon pengetahuan; tetapi jawaban Tuhan memalingkan dia kepada keperluan akan hayat, yang adalah milik pohon hayat (cf. Kej. 2:9, 17).

No comments: