3.8.07

Alasan Apakah Sehingga Begitu Besarnya Kasih Allah akan Manusia yang Begitu Jahat?

Yohanes 3:16
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal.


Dunia disini mengacu kepada manusia yang berdosa dan jatuh yang menyusun dunia. Mereka tidak hanya mempunyai dosa, juga mempunyai unsur racun dari Iblis, si ular tua itu; karena itu mereka menjadi sejenis dengan ular. Mereka memerlukan Kristus mati bagi mereka dalam bentuk ular, dihakimi oleh Allah sebagai pengganti mereka (ay. 14); jika tidak, mereka akan binasa (ay. 16).
Meskipun manusia telah sedemikian jatuh, tetapi karena mereka adalah bejana-bejana yang diciptakan Allah menurut gambar-Nya untuk diisi diri-Nya sendiri (Kej. 1:26; Rm. 9:21a, 23), Allah tetap mengasihi mereka dengan kasih ilahi-Nya, yang adalah diri-Nya sendiri (1Yoh. 4:8, 16), bahkan memberikan Anak Tunggal-Nya (yaitu ekspresi-Nya) kepada mereka, agar mereka bisa mendapatkan hayat kekal-Nya, menjadi putra-putra-Nya, menjadi ekspresi korporat-Nya, untuk merampungkan ekonomi Perjanjian Baru-Nya yang kekal.
Karena itu, Allah terlebih dulu melahirkan mereka kembali dengan Roh-Nya (ay. 3-6) agar mereka mempunyai hayat kekal-Nya (ay. 15-16, 36a). Kemudian Ia mengisi mereka dengan Roh-Nya yang tidak terbatas (ay. 34) agar mereka menjadi mempelai perempuan Kristus yang melampaui segala sesuatu dan yang almuhit (ay. 31-35), menjadi perkembangbiakan-Nya dan kepenuhan-Nya (ay. 28-30).

No comments: