4.12.08

Permaisuri

Permaisuri, dalam Mazmur 45:10 Melambangkan gereja, khususnya para pemenang, sebagai istri unik Kristus.
Dalam Wahyu 19:7 dan 9a, istri Anak Domba adalah mempelai perempuan korporat yang tersusun dari kaum beriman pemenang yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba. Demikian juga, dalam mazmur ini permaisuri tidak melambangkan individu; sebaliknya, ia melambangkan kesatuan korporat yang menyusun semua rekan-rekannya: putri-putri raja sebagai perempuan terhormat dan anak-anak dara sebagai teman-temannya (ay. 15).
Maka, dalam mazmur ini raja Salomo dengan banyak istri dan gundiknya, yang adalah putri-putri, anak perempuan raja-raja kafir (1Raj. 11:1, 1Raj. 11:3), dipakai dalam pengertian positif untuk melambangkan Kristus sebagai Raja dengan istri korporat-Nya, gereja (Yoh. 3:29; Ef. 5:24-25,31-32), yang tersusun dari kaum beriman dari segala suku, bahasa, kaum, dan bangsa (Why. 5:9).
Dalam ay. 9 gereja dilambangkan oleh istana gading, bangunan, dan dalam ayat ini gereja digambarkan sebagai permaisuri, istri. Di seluruh Kitab Suci dua lambang ini-bangunan dan mempelai perempuan-dipakai untuk melambangkan gereja (cf. Kej. 2:22 ).
Di satu pihak, gereja adalah bangunan, rumah Allah (1Tit. 3:15), dan di pihak lain gereja adalah mempelai perempuan, istri Kristus (2 Kor. 11:2).

Permaisuri berpakaian emas melambangkan penampilan gereja dalam sifat ilahi. "Emas" yang menutupi gereja adalah Kristus, Sang ilahi, sebagai kebenaran kaum beriman untuk pembenarannya (Luk. 15:22; 1Kor. 1:30). Ini adalah lapisan pertama penutup gereja.

No comments: