28.9.07

Apakah Perbedaan antara Kolam dalam pasal 5 dengan Danau dalam pasal 6?

Yohanes 6:1
Sesudah itu Yesus berangkat ke seberang danau Galilea, yaitu danau Tiberias.



Danau dalam bahasa aslinya adalah laut. Kasus ini berlawanan dengan kasus dalam ps. 5. Dalam kasus di depan, orangnya berada di pinggir kolam; dalam pasal ini orang-orang berada di tepi laut.
Latar belakang kasus yang di depan adalah kota kudus dengan kolam kudus untuk penyembuhan orang; latar belakang kasus ini adalah padang gurun dengan laut yang memberi nafkah kepada orang.
Dalam kasus sebelumnya, orangnya lemah, perlu hayat yang menghidupkan; dalam kasus ini, orangnya lapar, perlu rawatan hayat.
Dalam perlambangan, daratan melambangkan bumi ciptaan Allah yang diatasnya manusia menempuh hidup; laut melambangkan dunia yang dirusak oleh Iblis yang di dalamnya manusia yang jatuh menempuh hidup.
Di dalam dunia ini, manusia lapar dan tidak ada kepuasan, penuh dengan masalah dan tidak ada kedamaian. Inilah yang dilukiskan oleh ay. 18.

1 comment:

Anonymous said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Câmera Digital, I hope you enjoy. The address is http://camera-fotografica-digital.blogspot.com. A hug.